Minggu, 21 Maret 2010

'AIN (PENGARUH PANDANGAN MATA) ITU BENAR ADANYA !!

'Ain adalah pandangan mata seseorang yang bisa mempengaruhi orang yang dipandangnya baik karena pandangan mata yang dibarengi oleh kejahatan maupun pandangan mata yang diikuti oleh kebaikan. Pada umumnya reaksi pengaruh pandangan mata ini lebih cepat terjadi kepada orang-orang yang "kosong" dari dzikir kepada Allah swt. Allah berfirman di dalam Alqur'an yang artinya: "Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mata mereka, tatkala mereka mendengar Al-Qur'an dan mereka berkata : "Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila)"." (QS. Al-Qalam : 51) 
Imam Al-Qasthalani berkata : Apabila seseorang itu melihat sesuatu kepada orang lain dengan penuh kekaguman (tanpa dibarengi dzikrullah) maka bisa terjadi suatu bahaya kepada orang yang dipandangnya. Dan pandangan orang itu seperti panah beracun yang siap untuk menikam korbanya!!
Rasulullah saw juga bersabda, dari Abu Hurairah ra : "Sesungguhnya 'Ain (pengaruh pandangan mata) benar adanya, dan beliau saw melarang (kita) dari tato."  (HR. Bukhori)
Ibnu Jauzi berkata : "Pandangan baik yang bercampur dengan hasad, iri, dengki dan kejelekan lainnya terjadi karena orang yang memandang tersebut memiliki tabiat dan perilaku yang jelek, laksana sesuatu yang beracun (yang mulai mengalir di dalam tubuh).
Sementara Imam  Al-'Aini dalam kitabnya Al-'Umdah mengatakan bahwa orang yang menimpakan penyakit 'ain keluar dari matanya suatu kekuatan yang meracuni orang yang dipandangnya hingga ia mati laksana orang yang terkena bisa (racun) ular.

Macam-macam  Penyakit  'Ain (Kena Pengaruh Pandangan Mata)

Penyakit 'Ain sendiri terbagi menjadi dua bagian :
  1. Penyakit 'Ain Insaniyah, yaitu penyakit pengaruh pandangan mata yang disebabkan murni oleh pengaruh pandangan mata manusia. 
  2. Penyakit 'Ain Jinniyah, yaitu  penyakit pengaruh pandangan mata karena disebabkan adanya campur tangan gangguan jin.
 'Ain  Adalah  Bagian Dari Takdir

Dari Ibn Abbas ra Rasulullah saw bersabda : "(penyakit) 'Ain itu benar adanya, dan seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, maka "ainlah yang akan memdahuluinya dan apabila kamu diminta untuk (mengobati seseorang yang terkena 'ain) dengan memandikan (orang itu) maka mandikanlah." (HR. Muslim)
Maksud  hadits Rasulullah saw bahwa seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, maka 'ainlah yang akan mendahuluinya adalah apabila terdapat suatu hal yang dapat mengalahkan dan mendahului takdir maka 'ainlah yang sanggup mengalahkan dan mendahuluinya, dn seandainya dimungkinkan adanya sesuatu hal yang  mendahului takdir dan mempengaruhi akan ada dan tiadanya sesuatu sebelum ditentukan (ditakdirkan) waktunya, maka "ain itulah yang akan mendahului takdir, hal ini merupakan mubalaghah (peringatan keras) mengingat 'ain itu merupakan penyebab yang sangat berbahaya.
Imam Al-Qurtubi mengatakan : "Seandainya ada suatu hal yang memiliki kekuatan hingga dapat mendahului takdir, maka itulah 'ain!!
Yang dimaksud dalam sabda Nabi saw : " dan apabila kamu diminta untuk memandikan, maka mandikanlah" adalah kebiasaan mereka jika terdapat orang yang terkena penyakit 'ain dari seseorang maka ia datang kepada orang yang mengirim pandangan tersebut kemudian orang itu melepaskan bajunya dan membasahi tubuhnya, jaketnya, mukanya dan jari-jarinya, kemudian orang yang terkena 'ain itu mengambil air dan dia pakai untuk mandi, maka dia akan sembuh dengan ijin Allah swt.
Imam Nawawi berkata : bahwa hadits tersebut diatas juga menetapkan adanya takdir Allah swt, dan itu benar adanya berdasarkan nash al-qur'an dan al-hadits serta ijma' ulama Ahlu Sunah. Maknanya bahwa segala sesuatu yang terjadi berdasarkan takdir dari Allah swt, dan tidak akan terjadi kecuali sesuai dengan hal yang telah ditentukan oleh Allah swt dan telah didahului oleh ilmu Allah swt. Maka bahaya 'Ain dan yang lainnya, entah yang baik atau yang jelek tidak akan berpengaruh kecuali dengan takdir Allah swt. Ini juga menunjukkan bahwa 'Ain itu sangatlah berbahaya.
Perhatikanlah bagaimana orang mampu menghipnotis orang lain dengan sugesti dan pandangan matanya...!!
Perhatikan pula bagaimana pengaruh pandangan mata orang yang mencintai seseorang kepada kekasihnya..Subhanallah!! Berlindunglah kepada Allah swt dari pandangan mata yang membahayakan kita!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar