CAMPUR TANGAN JIN

Loading...

Senin, 05 April 2010

YIN DAN YANG ADALAH KONSEP ISLAM !!

Teori Yin dan Yang Cina

Dalam falsafah teori pengobatan cina atau yang sering kita kenal dengan TCM (Traditional Chinese Medicine), kita seringkali mendengar teori yin (dingin) dan yang (panas), yaitu teori yang mengajarkan tentang keseimbangan yang harmonis, ada siang ada juga malam, ada laki-laki ada juga perempuan, ada dingin ada panas, ada luar ada dalam, ada gelap ada terang dan lain sebagainya.
Hubungan teori yin dan yang dengan tubuh manusia menurut teori kesehatan Cina adalah sangat erat sekali, dimana jika terjadi ketidakseimbangan antara yin dan yang, maka salah satu organ tubuh kita akan terganggu dan akan menyebabkan terjadinya sakit pada tubuh kita, atau tubuh kita akan melemah sehinga sistem kekebalan tubuh kita akan mudah ditembus dan diserang oleh berbagai kuman, virus, bakteri atau sumber penyakit lainnya. Maka tujuan sistem pengobatan Cina adalah mengembalikan  atau memulihkan keseimbangan tersebut. 
Menurut teori pengobatan tradisional cina, selain manusia merupakan kesatuan dari yin dan yang, alam semesta juga merupakan kesatuan dari yin dan yang pula. Sehingga keseimbangan yin dan yang dalam tubuh manusia dipengaruhi juga oleh keadaan yin dan yang, yang ada di alam semesta, jadi untuk mempertahankan keseimbangan yin dan yang, yang ada di dalam tubuh manusia, manusia harus menyesuaikan diri dengan yin dan yang di sekitar lingkungan tempatnya berada.

Coba perhatikan pengelompokan teori yin dan yang menurut Traditional Cinese Medicine berikut :
Alam semesta     : Yin      =  Matahari, siang, api, panas, kering
                            Yang   =  Bulan, malam,air, dingin, lembab
Tubuh manusia    : Yin     =   Perempuan, dada, perut, dll.
                            Yang  =   Laki-laki, punggung, pinggang, dll
Organ tubuh       :  Yin     =  Paru, limpa/pankreas, jantung, ginjal,selaput jantung dan hati
                             Yang  =  Usus besar, lambung, usus kecil, kandung kemih, tri pemanas, kandung empedu

Jadi kesimpulannya bahwa kesehatan tubuh kita adalah tergantung pada kesembangan tubuh kita dengan Yin dan Yang dan keseimbangan dengan alam lingkung di sekitar kita.

Yin dan Yang Dalam Islam

Allah swt berfirman di dalam Al-Qur'an : "Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang telah ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri maupun dari apa yang tidak mereka ketahui. Dan suatu tanda kebesaran Allah swt bagi mereka adalah malam, kami tanggalkan siang dari (malam) itu, maka seketika itu mereka (berada dalam) kegelapan."  (QS. Yasin : 36-37)

Simaklah firman Allah swt di atas, Allah swt jelas memberikan isyarat kepada kita bahwa segala sesuatunya selalu ditetapkan secara "TAWAZUN" atau seimbang, yaitu dengan diciptakan segala sesuatunya secara berpasang-pasangan. Ada dingin ada juga panas, ada siang ada juga malam, ada musim hujan ada musim kemarau dan lain-lain. Perhatikan pula firman Allah swt di atas yang menerangkan kepada kita tentang alam semesta (bumi) dan hubungannya dengan tubuh kita sendiri yang jelas-jelas saling berkaitan erat satu sama lainnya. Bahkan Allah swt juga memberikan informasi kepada kita tentang sesuatu yang bahkan belum kita ketahui!!
Pun Rasulullah saw, sejak 14 abad yang lalu telah mengajarkan kepada kita untuk selalu Tawazun atau hidup seimbang, tidak hanya dalam satu bidang termasuk di bidang kedokteran bahkan Rasulullah saw mengajarkan kepada kita untuk bisa seimbang di dunia dan di akhirat, sebagaimana dalam do'a sapu jagad yang selalu beliau panjatkan kepada Allah swt : "Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami kebahagiaan di dunia, dan berikan pula kebahagiaan kepada kami di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka."
Simak pula hadits rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, "Apabila ada seekor lalat jatuh di bejana seorang diantara kalian, maka tenggelamkanlah, karena sesungguhnya salah satu sayapnya mengandung penyakit dan sayap yang lain mengandung obatnya!!"
Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Said bin Al-Khudri, Rasulullah saw bersabda : "Sebelah sayap lalat adalah racun, sedangkan sebelah sayap lainnya adalah obat. Kalau ia (lalat) jatuh ke dalam makanan atau minuman, tenggelamkanlah. Karena ia bisa menyuntik racun dan bisa sekaligus menyuntikkan obatnya!!"
Subhanallahal 'Adzim..!! Teori Yin dan Yang yang berasal dari teori falsafah Tao Cina, Ternyata adalah konsep yang diajarkan oleh Allah swt dan Rasul-Nya. Jelas sudah bahwa Islam punya konsep, masalahnya adalah mampukah kita menjalankan konsep yang telah kita miliki ini? atau jangan-jangan Umat Islam yang punya konsep malah umat lainnya yang mengakui dan menjalankannya hanya kurangnya umat Islam itu sendiri mengkaji kitab sucinya dan sunnah Rasulnya!! Insya-Allah jika kita mampu menjalankan konsep Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah saw maka akan terciptalah suasana sehat di tubuh kita dan sehat pula di lingkungan sekitar kita sehingga tercipta suatu masyarakat yang sehat dan kuat untuki menunjang terciptanya bangsa yang baik dan diridlai Allah swt, amin.










 






1 komentar:

  1. maaf, bukankah teori Yin Yang sudah ditemukan sejak sebelum nabi Isa As. dilahirkan? dan menurut saya inilah alasan terdapat hadits "tuntutlah ilmu sampai kenegeri Cina", kalaupun banayak ulma meragukan hadits ini.

    BalasHapus