Jumat, 19 Maret 2010

BIARLAH MAKANAN MENJADI OBATMU DAN OBAT MENJADI MAKANANMU

Hypocrates adalah seorang tabib terkenal bukan hanya di masanya bahkan sampai sekarangpun banyak sekali teori-teori kesehatan darinya yang masih terus diteliti. Dia adalah seorang tabib Yunani dan sangat terkenal di dunia kedokteran. Kata-katanya yang sangat terkenal adalah "BIARLAH MAKANAN MENJADI OBATMU DAN OBAT MENJADI MAKANANMU".
Maka dari kata - kata yang mengandung pesan itulah para ilmuwan kemudian berusaha untuk meneliti berbagai macam manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.
Diantara beberapa makanan yang menyehatkan adalah sebagai berikut:
  • Buah Anggur
Kandungan antioksidannya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas, molekul kecil penyebab kulit kering, penuaan dini, dan gangguan kulit lainnya. Kandungan vitamin c dalam buah anggur adalah sangat bermanfaat untuk sistem immonitas/kekebalan tubuh kita.Selain itu, anggur juga mengandung bahan kimia yang membantu melestarikan protein elastin untuk menjaga elastisitas kulit.

  • Teh Hijau
Banyak sekali manfaat yang dikandung oleh teh hijau. Menurut Dr. Roizen konsumsilah dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari yang diantara manfaatnya adalah untuk mencegah rambut menjadi tipis. Sementara Lisa Drayer seorang penulis "The Beauty Diet" bilang: "Jika rambut kering dan rontok, itu mungkin pertanda kekurangan zinc," dan tubuh kita sangat membutuhkaninput 8 miligram zinc /hari. Maka untuk memenuhi kebutuhan itu konsumsilah daging kepiting, yoghurt, kacang panjang, kacang hijau dan labu. Teh hijau juga bisa dipakai untuk minuman diet!!

  • Kenari dan Salmon
Sebuah study menemukan, ternyata makanan seperti ikan, buah-buahan, padi-padian, polong-polongan mengandung omega-3 tinggi yang dapat mengendalikan peradangan di seluruh tubuh, termasuk jerawat!! "Kenari dan ikan, terutama salmon menjadi makanan wajib bagi wanita yang peduli pada kulitnya!!"  Tutur Nicholas Perricone, asisten professor kedokteran di Michigan State University's College.

  • Yoghurt
Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada lidah, diantara gigi dan bagian belakang tenggorokan. Hasil riset di Jepang menunjukkan bahwa minum yoghurt bebas gula dapat menghilangkan bau di mulut!! Selain itu juga bisa dibantu dengan meminum/memakan minuman/makanan yang kaya serat termasuk kaya fitamin C dan fitamin A.

  • Tiram Mentah
Tiram dikenal sebagai makanan laut yang sangat kaya akan zat besi, yang dapat meningkatkan jumlah sperma dan produksi testoteron, selain itu juga mengandung dopamine yaitu hormon yang diyakini bisa menaikkan gairah seksual. Cobalah menghisap tiram, cuci bersih bagian luarnya (cangkang) agar bakteri dan kotorannya bisa hilang. Lalu buka cangkangnya dan taruh dalam sebuah wadah berisi es batu kalau perlu tambahkan perasan air jeruk lemon, ini sangat baik untuk afrodisiak yaitu meningkatkan kejantanan laki-laki.

  • Buncis dan Roti Gandum
Buncis dan Roti Gandum adalah makanan yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat sendiri dapat menstimulusi pembentukan hormon serotonin yaitu hormon yang dapat mengurangi rasa stress dan depresi. Karena itulah banyak yang menganggap bahwa banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dapat menenangkan pikiran!!

  • Habbatus Sauda/Jinten Hitam/negella sativa
Adalah makanan multifitamin yang sangat kaya akan berbagai kandungan fitamin. Mengkonsumsi habbatus sauda sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. "Konsumsilah habbatus sauda, karena di dalamnya terdapat obat dari segala penyakit kecuali mati." Itulah sabda beliau yang diriwayatkan oleh bukhori dan Muslim. Mengkonsumsi habbatus sauda adalah sangat baik sekali untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit terutama penyakit kolesterol, asam urat, obesitas/kegemukan, jantung dan stroke juga syaraf kejepit.
Demikian dan masih banyak lagi makanan/minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti: kurma, minyak zaitun, alpokat, pepaya, pisang, strauberry, apel, susu dan keju, cokelat, kelapa, air zamzam, madu, dan lain-lainya. Allah swt berfirman di dalam al-quran: "Makanlah makanan yang baik lagi halal" dan Rasulullah saw bersabda: "perut adalah sumbernya penyakit." Maka dari petunjuk Allah swt dan Rasul-Nya ini kita sangat dianjurkan untuk membiasakan diri kita hidup sehat dengan memilah dan memilih makanan dan minuman yang akan masuk ke perut kita. Selain itu ingat pulalah ancaman Rasulullah saw: "Setiap daging yang tumbuh dari makanan yang haram, maka nerakalah tempat yang pantas untuknya!!"











Tidak ada komentar:

Posting Komentar