Minggu, 28 Maret 2010

KENALILAH ISTILAH LABORATORIUM MEDIS ANDA BAG. II

KOLESTEROL

Kolesterol adalah alkohol steroid, semacam lemak yang ditemukan dalam lemak hewani, minyak, empedu, susu, kuning telur, yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian kecil diserap dari makanan. Pada kadar tinggi akan cenderung membuat endapan/kristal/lempengan yang akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah.

Nilai normal :        Dewasa               =  <200  mg/dl
                            Risiko sedang      =  200 - 240  mg/dl
                            Rsisiko tinggi       =  >240  mg/dl
                            Anak                  =  90 - 130  mg/dl
                            Bayi                   =  130 - 170  mg/dl
                            Risiko tinggi        =  >185  mg/dl

Peningkatan kolesterol terjadi pada arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), diabetes mellitus (kencing manis), kehamilan trimester III. Selain itu dapat juga disebabkan oleh penggunaan pil KB, vitamin A, epinefrin, dan lain-lain.

TRIGLISERIDA

Merupakan senyawa asam lemak yang diproduksi dari karbohidrat dan dismpan dalam lemak hewani. Trigliserida ini merupakan penyebab utama penyakit penyumbatan arteri dibanding kolesterol.

Nilai normal :         Bayi                       =  5 - 40  mg/dl
                             Anak                      =  10 - 135  mg/dl
                             Dewasa  muda       =   s/d  150  mg/dl
                             Tua (>50 thn)        =   s/d  190  mg/dl

Penurunan trigliserida serum dapat terjadi karena malnutrisi protein, konginetal (kelainan sejak lahir). Obat-obatan yang dapat menurunkan trigliserida yaitu asam askorbat (vitamin C), metformin (obat anti diabetik oral).
Peningkatan kadar trigliserida terjadi pada hipertensi (penyakit darah tinggi), sumbatan pembuluh darah otak, diabetes mellitus tak terkontrol, diet tinggi karbohidrat dan kehamilan. Dari golongan obat yang dapat meningkatkan trigliserida yakni pil KB terutama estrogen.

HDL  (High  Density  Lipoprotein)

Merupakan salah satu 3 komponen lipoprotein (kombinasi protein dan lemak), mengandung kadar protein tinggi, sedikit trigliserida dan fosfolipid, mempunyai sifat umum protein dan terdapat dalam plasma darah. HDL sering disebut juga lemak baik, yang dapat membantu mengurangi penimbunan plak pada pembuluh darah.

Nilai normal :            Pria           =  >55  mg/dl
                                wanita       =  >65  mg/dl

Nilai yang berisiko terhadap jantung koroner (PJK) yaitu :

Risiko Tinggi      =  <35  mg/dl
Risiko Sedang    =  35 - 45  mg/dl
Risiko Rendah   =   >60  mg/dl

Peningkatan lipoprotein dapat dipengaruhi oleh obat aspirin, kontrasepsi dan sulfonamide.

LDL  (Low  Density  Lipoprotein)

Merupakan lipoprotein plasma yang mengandung sedikit trigliserida, fosfolipid sedang, protein sedang,dan kolesterol tinggi. LDL mempunyai peran utama sebagai pencetus terjadinya penyakit  sumbatan pembuluh darah yang mengarah ke serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Nilai normal                                          =  <150 mg/dl
Risiko tinggi terjadi jantung koroner       =  >160  mg/dl
Risiko sedang terjadi jantung koroner    =  130 - 159  mg/dl
Risiko rendah terjadi jantung koroner     =  <130  mg/dl

TES  SPERMA

Merupakan pemeriksaan dengan bahan sperma untuk melihat jumlah, volume cairan, persentase sperma matang, pergerakan dan lain-lain. Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan penyebab kemandulan pada pria.

Nilai normal pada pria dewasa :   
Jumlah       =  50 - 150 juta/ml
Volume     =  1,5 - 5.0  ml
Bentuk      =  75%  matang
Mobilitas   =  60%  bergerak aktif

Penyimpangan dari nilai normal di atas, biasanya terjadi pada pasien vasektomi, kemandulan, pengobatan kanker, dan pengobatan yang mengandung estrogen (hormon wanita).

PEMERIKSAAN   TORCH

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengindentifikasi adanya virus Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan herpes simplek pada ibu dan bayi yang baru lahir, melalui sampel darh ibu. Pemeriksaan in perlu dilakukanjika ada riwayat sebelumnya atau dugaan infeksi kongenital (bawaan) pada bayi baru lahir yang ditandai dengan hasil pemeriksaan imunoglobulin G pada janin lebih tinggi dibanding pada ibu.
Toksoplasma gondii merupakan parasit yang hidup pada usus hewanpeliharaan seperti anjing dan kucing. Selain itu diduga parasit ini juga terdapat  pada tikus, merpati, ayam, sapi, kambing dan kerbau sehingga mudah menular pada manusia. Jika parasit ini menginfeksi ibu hamil, maka dapat menyebabkan infeksi pada janin dan kecacatan fisik setelah lahir, dengan gejala retinitis, hydrosipalus, microcepalus dan lain-lain.
Nilai normal pemeriksaan TORCH pada IgG ibu hamil dan janin adalah negatif.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar