Rabu, 17 Maret 2010

ROKOK LEBIH BERBAHAYA DARIPADA KHOMR (MINUMAN BERALKOHOL)

Setelah Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa rokok adalah haram, maka berbagai kalangan banyak yang melakukan demo yang memprotes fatwa haramnya merokok baik secara indifidu, kelompok masyarakat maupun instansi.Berbagai macam alasan protes mereka sampaikan, ada yang memprotes dari sudut pandang hukum sampai pada masalah ekonomi.Terlepas dari semua itu marilah kita berusaha meninjau mudlarat/bahaya rokok dengan hati yang jernih dan pikiran yang matang.

ROKOK BUKAN BERASAL DARI ISLAM

Tembakau sebagai bahan utama dalam rokok, diperkenalkan ke seluruh dunia termasuk ke negara-negara islam. Tembakau ini diperkenalkan oleh negara-negara barat yang notabene non muslim dan tidak dikenal di jaman Nabi Muhammad saw. Oleh karena itu pada umumnya umat islam adalah tidak merokok tetapi umat islam dipengaruhi oleh negara-negara barat yang menjajah mereka dan memperkenlkan rokok kepada mereka.Negara barat sebagai negara penjajah sangat mempunyai banyak kepentingan untuk mensosialisasikan rokok kepada negara jajahannya terutama untuk kepentingan ekonomi, sehingga pendapatan rokok bisa dipakai untuk pendapatan negara yang bisa dipakai juga untuk berbagai kepentingan termasuk untuk kepentingan ekspansi untuk mencaplok negara-negara lain. Sementara di negara mereka sendiri yang mayoritas adalah beragama nasrani, tembakau selain mereka pakai untuk kepentingan party/pesta, mereka juga memakai tembakau untuk kepentingan upacara kebudayaan dan upacara keagamaan. Dan ironisnya, pada saat ini pun umat islam turut ikut-ikutan bangga jika mereka merokok. Bahkan bagi sebagian dari kita masih banyak yang beranggapan bahwa rokok adalah simbol kejantanan. Tanpa kita sadari bahwa kita justru ikut-ikutan adat dan kebiasaan mereka yaitu adat dan kebiasaan umat nashoro yang memang bersama-sama dengan umat yahudi sudah mempunyai misi untuk menghancurkan umat islam bagaimanapun cara dan bentuknya. Allah swt berfirman di dalam al-qur'an: "Dan orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad) sebelum engkau mengikuti agama mereka. katakanlah, "sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)." Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah datangnya ilmu (kebenaran) kepadamu, tidak akan ada bagimu  pelindung dan penolong dari Allah swt." (QS. Al-Baqarah:120), Dan marilah kita renungkan pula hadits Rasulullah saw berikut:
  1. "Barang siapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan kaum itu sendiri" (HR. Abu Daud)
  2. "Bukan dari golongan kita, siapa saja yang menyerupai orang yang bukan dari kita. Dan janganlah kalian ikut-ikutan kaum yahudi dan nasrani" (HR. At-Thirmidzi)
  3. "Bedakanlah diri kalian dari kaum musyrikin" (HR. Bukhori dan Muslim)
KANDUNGAN ZAT KIMIA BERACUN DIDALAM ROKOK

Beberapa  hasil penelitian tentang kandungan zat kimia beracun di dalam rokok diantaranya adalah:
  • TAR, mengandung sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui pemicu terjadinya penyakit kanker, zat kimia yang terkandung di dalam tar diantaranya adalah benzopyrene yaitu sejenis Policyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) yang dalam ilmu kedokteran dikenal sebagai pemicu awal terjadinya penyakit kanker.
  • NIKOTIN, sejenis heroin, amfetamin dan kokain. Sebagai zat kima utama yang ada dalam rokok, dapat mengganggu syaraf otak dan faktor utama yang menyebabkan rasa ketagihan. Seseorang yang kehabisan rokok, ia akan merasa seperti orang yang kehabisan akal dan nampak  seperti orang yang tertekan. Dalam jangka panjang orang ini akan mudah terkena serangan stroke karena gangguan peredaran darah otak dan oksigen yang dibutuhkan otak terganggu pula.
  • KARBON MONOKSIDA, yaitu gas beracun yang biasa dikeluarkan oleh asap/kotoran kendaraan. Sekiranya karbon monoksida ini  di tubuh kita sudah mencapai 60% atau lebih maka hampir bisa dipastikan atas ijin Allah kita sudah meninggal dunia!! (na'udzu billahi min dzalik). Jika karbon monoksida ini sudah masuk ke tubuh kita, maka seluruh organ lunak di tubuh kita akan mengalami gangguan, baik itu jantung, paru-paru, liver/hati, limpa dan limphatik, ginjal, seluruh sistem syaraf, peredaran darah, kelenjar, seluruh sistem pernafasan dan seluruh sistem pencernaan serta seluruh organ lunak lainnya.
  • POLONIUM, yaitu bahan radioaktif.
  • ACETONE, yaitu bahan beracun yang biasa digunakan dalam cat.
  • AMMONIA, yaitu bahan beracun yang dipakai untuk mencuci lantai.
  • NAPHTHALINE DAN DDT, yaitu  yang biasa dipakai untuk racun serangga.
  • ARSENIC, yaitu racun yang dipakai untuk membunuh anai-anai/rayap.
  • HYDROGEN SIANIDA, yaitu gas beracun yang sering dipakai untuk mengeksekusi mati para tahanan yang dihukum mati.
  • Dan masih banyak lagi zat kimia beracun lainnya yang dikandung oleh sebatang rokok, bahkan hasil penelitian lebih dari 4000 zat kimia beracun lainnya terkandung dalam sebatang rokok!!
PENGARUH ASAP ROKOK

Rokok tidak hanya membahayakan kepada orang yang mengisapnya saja, bahkan hasil penelitian, asap rokok yang dihirup oleh orang lain yang tidak merokok juga sangat membawa dampak negatif yang sangat membahayakan!! Asap rokok yang dihirup ini akan menyebabkan berbagai penyakit di mulut, kerongkongan dan paru-paru. Asap yang dihirup melalui saluran bronkus pun akan menyebabkan berbagai gangguan penyakit bronkitis serta akan menyebabkan terjadinya penyakit emfisema, dan jika sampai melalui pencernaan maka akan mengganggu bagian esofagus, perut dan pankreas. Racun dalam asap rokok yang larut air akan memasuki sistem saluran darah dan dibawa ke seluruh badan. Bahan nikotin, tidak hanya memberi rasa ketagihan tapi juga menyebabkan saluran darah arteri menjadi sempit yang dapat merusak dinding arteri dan akan sangat membahayakan bagi organ-organ yang bersangkutan. Dan orang yang mengisap asap rokok tersebut dalam tahap awal akan mengalami kesemutan baik di jari tangan maupun kaki, migrain, sakit kepala, pedih ulu hati, kejang pada otot kaki dan terus sampai pada akhirnya akan mudah terkena serangan jantung dan stroke.

Pengaruh Asap Rokok Pada Istri
  • Melahirkan bayi yang tidak normal
  • Melahirkan bayi prematur
  • Istri mudah terkena kanker rahim, kanker cerviks dan kanker payudara
  • Istri mandul/tidak subur
  • Istri mengalami monopouse lebih awal
  • Dan istri mudah mengalami gangguan penyakit kewanitaan lainnya
Pengaruh Asap Rokok Pada Anak
  • Anak mudah cepat lelah
  • Sistem kekebalan tubuh anak cepat menurun
  • Anak mudah terkena serangan penyakit paru-paru
  • Anak mudah terkena serangan penyakit asma/bengek
BAHAYA ROKOK SECARA UMUM

Berikut ini beberapa penyakit dan dampak negatif yang disebabkan karena merokok:
  • Penyakit Jantung, rokok adalah salah satu penyebab utama serangan jantung. Kematian seorang perokok akibat penyakit jantung lebih banyak dibandingkan dengan kematian akibat kanker paru-paru. Bahkan rokok dengan rendah tar dan rendah nikotin pun tidak akan mengurangi resiko penyakit jantung. Karena beberapa dari rokok yang menggunakan filter dapat meningkatkan jumlah karbon monoksida yang dihirup, dan akan membuat rokok tersebut bahkan lebih buruk untuk jantung daripada rokok yang tidak menggunakan filter. Nikotin yang dikandung dalam sebatang rokok bisa membuat jantung kita berdebar lebih cepat dan meningkatkan kebutuhan tubuh kita akan oksigen. Asap rokok yang mengandung karbon monoksida beracun akan menuju aliran darah dan dapat menghalangi aliran oksigen ke jantung dan ke otak, sehingga selain ancaman penyakit jantung kita pun terancam serangan penyakit stroke, naudzu billahi min dzalik!!
  • Kanker Paru-Paru, zat kimia beracun yang kita hisap sangat rentan untuk menyerang paru-paru kita dan mudah sekali untuk terserang penyakit kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan kanker paling umum yang diakibatkan oleh rokok. Dalam banyak kasus kanker paru-paru dapat membunuh dengan cepat.
  • Emfisema, merupakan penyakit yang secara bertahap akan membuat paru-paru kehilangan elastisitasnya. Jika paru-paru sudah kehilangan elastisitasnya, maka akan sulit untuk mengeluarkan darah kotor. Tanda-tandanya adalah mulai mengalami kesulitan bernafas pada pagi dan malam hari, lalu mudah terengah-engah. Tanda lainnya adalah begitu mudahnya terkena serangan flu berat, disertai dengan batuk yang berat dan mungkin dengan bronkhitis kronis. Batuknya sering kali tidak berhenti dan kronis.
  • Lebih Cepat Tua, hasil penelitian terhadap para perokok menunjukkan bahwa wajah para perokok pria maupun wanita lebih cepat keriput dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Proses penuaan dini tersebut meningkat sesuai dengan kebiasaan dan jumlah batang rokok yangdihisap. Bahkan proses penuaan dini sudah dimulai bagi para remaja yang merokok seperti kulit keriput, gigi menguning dan nafas yang tak sedap!!
  • Kerusakan Tubuh, kebiasaan merokok menurut penelitian dapat merusak jaringan tubuh lainnya sperti pneumonia (radang paru-paru), penyakit gusi, leukimia, katarak, kanker ginjal, kanker serviks, sakit pada pankreas dan lain-lainnya. Penyebabnya adalah racun dari asap rokok yang menyebar ke seluruh organ tubuh melalui aliran darah!!
Itulah berbagai mudlarat/bahaya dari orang-orang yang merokok!! Coba kita bandingkan dengan orang yang minum alkohol seperti bir, vodka, topi miring dan yang lainnya, adakah orang yang duduk di sekitar orang-orang yang meminum minuman beralkohol trsebut, lalu dia ikut mencium bau alkholnya kemudian ikut mabuk juga??!! jawabannya sudah pasti "tidak". Sementara jika rokok, selain rokok membahayakan buat orang yang mengisap itu sendiri, asap rokok juga mengakibatkan dampak negatif yang sangat mengerikan buat orang yang disekitarnya yang ikut mengisap asap rokok tersebut!! Saudaraku seiman!! Sadarkah kita bahwa kita merokok di sekitar orang-orang yang sangat kita cintai?? Bukankah di sekitar kita ada anak-anak kita, istri kita, orang tua kita, nenek dan kakek kita, bahkan mungkin cucu-cucu kita yang notabene mereka adalah generasi penerus kita?? Pantaskah kita dikatakan muslim yang baik sementara kita sendiri tidak mampu untuk memberikan contoh yang baik jangankan kepada masyarakat di sekitar kita, bahkan untuk memberi contoh yang baik di hadapan anak-anak kita dan istri kita sendiri saja kita tidak mampu??
Saudaraku seagama!! Alkohol hanya mempengaruhi sistem  kerja syaraf otak kita dan dalam banyak hal justru menyegarkan ke badan dan banyak dipakai untuk keperluan medis dalam kedokteran. Namun demikian Allah swt dan Rasulullah saw sudah melarang kita untuk meminumnya baik sedikit maupun banyak sudah dikategorikan dalam level haram. Hal ini berbanding terbalik dengan rokok yang tidak hanya merusak sistem susunan syaraf otak, bahkan sangat membahayakan ke seluruh organ tubuh kita. Tidak cukup itu bahkan sangat membahayakan kepada orang-orang di sekitar kita dan lingkungan sekitar kita juga terancam beracun karena asap rokok.
Ketika Rasulullah saw ditanya tentang obat-obatan apakah dengannya dapat menolak takdir Allah swt?! Maka Rasulullah saw menjawab bahwa semua ikhtiar/usaha itu juga termasuk takdir Allah swt.
Lalu bagaimana dengan kita saudaraku seiman dan seagama?!  Akankah kita menjemput maut lebih cepat dengan takdir Allah sebagai perokok?! Tidakkah sebelum kematian datang menjemput kita, kita merasa  menyesal karena kita juga telah membahayakan dan bahkan menjerumuskan orang lain ke jurang kehancuran dengan merokok? Tidakkah kita berpikir untuk merubah takdir  jelek kita dengan merokok menuju takdir kita yang lebih baik dengan meninggalkan rokok?! Ingat saudaraku....pilihan terbaik kita adalah termasuk takdir kita!!
Taubat adalah solusi yang paling baik, sebagaimana kita sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan maka tentunya kita sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita. Bukankah Allah swt lebih menyenangi mukmin yang kuat dibandingkan dengan mukmin yang lemah?! Lalu bagaimana mungkin kita bisa dikatakan mukmin yang kuat sementara untuk berhenti dari rokok yang akan menghancurkan jasad kita saja kita tak mampu!!
Terakhir marilah kita dukung para ulama kita yang telah mengeluarkan fatwa haram buat rokok. Hal ini telah ditunjukkan oleh para ulama muhammadiyah yang dalam beberapa hari kemaren mereka telah berijma dan berhasil mengeluarkan fatwa haram untuk rokok yang sebelumnya ulama mereka  menghukumi mubah untuk rokok!! Terlepas dari organisasi keislaman, apakah itu muhammadiyah, nu, persis, wahabi maupun salafi atau organisasi islam apapun namanya, yang jelas saat ini dibutuhkan kebersamaan seluruh ulama, mengingat begitu besarnya mudlarat/bahaya rokok yang ditimbulkan, maka sudah sepantasnyalah para ulama bersama menentukan sikap dan pada akhirnya mengeluarkan fatwa bersama bahwa "ROKOK ADALAH HARAM". Allah swt berfirman di dalam al-qur'an : "wala tulqu biaydiikum ilat tahlukah" Dan janganlah kalian menjerumuskan (diri kalian) dengan tangan kalian (sendiri) ke jurang kehancuran!! Masihkah ada halangan buat ulama kita untuk mengeluarkan fatwa bahwa merokok adalah haram?? Atau jangan-jangan malah ulama kita sendiri yang tidak bisa lepas dari rokok!!  NA'UDZU BILLAHI MIN DZALIKA, WALLAHU A'LAM BISSHOWAB!!
ALLAHUMMA LA TAJ'AL MUSHIBATANA FI DIININA, WALA TAJ'ALIDDUN YA HIYA AKBARU HAMMINA, WALA ILANNARI MASHIRONA WAJ'ALIL JANNATA HIYA DAARONA WALA TUSALLITH 'ALAINA BIDZUNUBINA MAN LA YAKHOFUKA FIINA WALA YARHAMUNA BIROHMATIKA YAA ARHAMARROOHIMIIN, ALLAHUMMARFA' DARAJAATINA BITTUQO, BIL 'ILMI WAL AMWALI  WANASALUKAD DERAJAATIL 'ULA MINAL JANNATI AMIIN...!!




































































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar